Rabu

Manusia dan Pandangan Hidup


Manusia dan Pandangan Hidup

Tugas Ilmu Budaya Dasar



Pandangan Hidup sangatlah penting baik untuk kehidupan saat ini ataupun yang akan datang. Pandangan hidup merupakan bagian hidup manusia, karena tidak ada seorangpun yang hidup tanpa pandangan meskipun tingkahnya berbeda-beda. Menurut Koentjaraningrat, pandangan hidup adalah nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, yang dipilih secara selektif oleh para individu dan golongan didalam masyarakat.


A. Pandangan Hidup dan Ideologi


Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati, karena itu menentukan masa depan individu/seseorang. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia.

Sedangkan ideology adalah kumpulan idea tau gagasan. Pengertian ideology secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan yang di junjung tinggi. Tujuan utama dibalik ideology adalah menawarkan perubahan melalui proses pemikiran.


B. Cita-cita


Cita-cita merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan datang. Dengan kata lain cita-cita merupakan keinginan, harapan, atau tujuan manusia yang selalu ada dalam pikirannya dan akan terus bertambah tinggi seiring bertambahnya usia manusia tersebut.

Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum mungkin terpenuhi maka disebut angan-angan.

3 Faktor yang dapat menentukan dapat atau tidaknya seseorang mencapai cita-citanya:

· Manusia itu sendiri

· Kondisi yang dihadapi dalam rangka mencapai cita-cita tersebut

· Seberapa tinggi cita-cita yang ingin dicapai.

2 Faktor kondisi yang mempengaruhi tercapai atau tidaknya cita-cita:

· Factor yang menguntungkan

· Factor yang merugikan



C. Kebajikan


Kebajikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika kebajikan manusia nyata dan dapat dirasakan dalam tingkah lakunya, karena tingkah laku bersumber pada pandangan hidup.



D. Usaha dan Perjuangan


Usaha perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Setiap manusia harus kerja keras untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa usaha dan perjuangan manusia tidak dapat hidup dengan sempurna.

Kerja keras dapat dilakukan dengan ilmu dari manapun, dilakukan dengan jasmani atau dengan keduanya. Kerja keras pada dasarnya dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia.



E. Keyakinan dan Kepercayaan


Keyakinan/Kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari kita atau kekuasaan Tuhan yang terbagi atas 3 aliran, yaitu:

· Aliran Naturalisme

· Aliran Intelektualisme

· Aliran Gabungan



F. Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik


a. Mengenal

b. Mengerti

c. Menghayati

d. Meyakini

e. Mengabdi

f. Mengamankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar