Rabu

Arsitektur Komputer dan Jaringan Komputer

Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.

3 Sub-kategori Arsitektur Komputer

1. Set intruksi (ISA).
2. Arsitektur mikro dari ISA.
3. Sistem desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer.

Arsitektur Komputer yaitu desain komputer yang meliputi:

- Set instruksi.
- Komponen hardware (perangkat keras).
- Organisasi atau susunan sistemnya.

2 bagian utama arsitektur komputer

1. Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
2. Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta OS.

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomus atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
Jaringan Komputer adalah sistem yang terdiri dari komputer-komputer, serta piranti-piranti yang terhubung sebagai satu kesatuan.

Tipe Jaringan Komputer

Berdasarkan Ruang Lingkup
1. LAN (Local Area Network)
Local Area Network merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.
Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.
2. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.
Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simpel.
3. WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua.
WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbeda.
Berdasarkan Topologi
1. Topologi Bus
Merupakan arsitektur jaringan dimana client-client yang ada di jaringan dihubungkan melalui line komunikasi yang ter-share yang disebut bus.
2. Topologi Star
Topologi yang bentuknya seperti bintang, dan mempunyai satu pusat berupa switch, hub atau komputer yang berfungsi sebagai pusat untuk mentransmisi data.
3. Topologi Ring
Jaringan dimana tiap simpul terhubung ke 2 node lainnya. Bentuk jaringan ini seperti cincin/lingkaran atau melingkar.
4. Topologi Mesh
adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.








Sumber
Komputer, Wahana. (2010). Cara Mudah Membangun Jaringan Komputer & Internet. Jakarta: MediaKita.
Syafrizal, Melwin. (2005). Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.
http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar