Jumat

Manusia dan Penderitaan

Tugas Ilmu Budaya Dasar

Manusia dan Penderitaan


·         Penderitaan

Penderitaan adalah menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan termasuk realitas manusia di dunia. Jadi penderitaan adalah bagian dari hidup manusia dan setiap orang pasti mengalaminya.

·         Siksaan

Penderitaan biasanya disebabkan oleh siksaan. Segala tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja dilakukan terhadap seseorang dengan tujuan intintimidasi, balas dendam, hukuman, pemaksaan dapat disebut sebagai penyiksaan.
Arti siksaan juga dapat berupa jasmani dan rohani bersifat psikis, kebimbangan, kesepian dan ketakutan.

·         Kekalutan Mental

Gejala-gejala permulaan pada orang yang mengalami kekalutan mental adalah sebagai berikut:
1.          Sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung.
2.          Merasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu dan mkudah marah.
3.          Selalu iri hati dan curiga, ada kalanya dihinggapi khayalan, dikejar-kejar sehingga dia menjadi sangat agresif.
4.          Komunikasi sosial putus dan ada yang disorientasi sosial.
5.          Kepribadian yang lemah atau kurang percaya diri sehingga menyebabkan yang bersangkutan merasa rendah diri.
6.          Terjadinya konflik sosial-budaya akibat dari adanya norma yang berbeda antara dirinya dengan lingkungan masyarakat.

Sebab-sebab Timbulnya Kekalutan Mental:
1.          Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna.
2.          Terjadinya konflik sosial-budaya akibat adanya norma yang berbeda antara dirinya dengan lingkungan masyarakat, sehingga ia tidak dapat menyesuaikan diri lagi.
3.          Cara pematangan batin yang salah dengan memberikan reaksi berlebihan terhadap kehidupan sosial.

·         Penderitaan dan Perjuangan

Pembahasan dari penderitaan pada hakekatnya untuk meneruskan kelangsungan hidup manusia. Caranya adalah dengan berjuang menghadapi tantangan hidup dalam lingkungan sekitar dan lingkungan masyarakat. Dan tak lupa disertai pula dengan berdoa kepada Tuhan.

·         Pengaruh Penderitaan Terhadap Kelangsungan Hidup Manusia


Pengaruh penderitaan itu sendiri dalam kelangsungan hidup manusia sangatlah berpengaruh pada diri kita, yaitu timbulnya rasa penyesalan hidup, rasa putus asa, dan bahkan bunuh diri.


MIND MAP




Apa yang kalian dapatkan dari pertemuan hari ini?
Jawab: Penderitaan tentu saja dialami oleh semua orang, namun penderitaan itu sendiri ada tingkatnya. tingkatnya tersebut dapat diukur oleh diri kita sendiri, bagaimana kita bisa lepas dari penderitaan tersebut. Dalam hidup ini, kita tidak boleh larut-larut tenggelam dalam penderitaan, kita harus berjuang dan bangkit dari penderitaan tersebut. Apabila kita mendapatkan suatu penderitaan yang besar kita harus segera melepaskan diri dari penderitaan tersebut, karena jika kita larut-larut dalam penderitaan kita akan melakukan hal-hal yang bodoh dan juga itu akan sangat berpengaruh pada kondisi psikis kita, kita bisa menjadi gila dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar