Rabu

Internet dan Pengaruhnya terhadap Psikologi

Pengenalan Internet



Mendengar kata Internet, sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Internet memang bukan topik yang baru lagi di jaman sekarang. Bukan hanya remaja dan orang dewasa yang menggunakan internet, tapi anak-anak dan orang tua (kakek-nenek) menggunakan internet.

Internet merupakan jaringan komputer global yang diperkirakan saat ini dipergunakan oleh lebih dari 1 Milyar orang di seluruh dunia. Dasarnya adalah jaringan komputer yang dipergunakan Departemen Pertahanan AS yang disebut ARPANET. Tak lama kemudian ARPANET dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas dan disebut Internet.

Internet ialah satu network yang besar yang menghubungkan network-network yang kecil untuk membentuk internetwork. Tanpa perantara seperti modem, komputer Anda tidak bisa menyambungkan dengan internet.

Namun internet tidak hanya bisa diakses melalui komputer saja, internet dapat pula di akses melalui handphone.

Internet juga tidak dapat diakses tanpa adanya protocol-protokol yang mendukung dan search engine. Beberapa search engine yang terkenal yaitu Google, Yahoo, Bing, MNS, dll.


Pengertian Internet Menurut Para Ahli


Pengertian menurut Strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.

Menurut O`Brien (2003, p10) Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.

Menurut Allan (2005, p12) internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikanprotokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) danTransmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhanamengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.

Berdasarkan tiga pengertian internet diatas dapat disimpulkan internet merupakan seluruh jaringan yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi dengan jumlah pengguna lebih dari 200 negara.

Sedangkan menurut saya, pengertian internet adalah suatu jaringan network yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, sehingga dapat berkomunikasi bahkan lintas Negara, namun dalam penggunaanya harus menggunakan perantara (modem, dll).


Pengaruh Internet pada Psikologi


Seiring perkembangan jaman, internet kini digunakan pula pada dunia Psikologi. Banyak para Psikolog-psikolog yang menggunakan jasa internet untuk menawarkan jasanya, baik itu berbayar maupun gratis.

Dampaknya bagi pengguna internet adalah mereka juga bisa berkomusikasi untuk berkonsultasi mengenai masalahnya.

Ada juga yang dengan cuma-cuma menyediakan tes inteligensi melalui internet. Tapi tes inteligensi tersebut tidak sepenuhnya hasilnya adalah akurat, karena bisa saja pembuat tes-tes tersebut adalah hacker bukan Psikolog.

Untuk kedepannya, dunia Psikologi juga akan sangat bergantung pada internet. Mereka yang mengalami masalah akan dipermudahkan untuk berkonsultasi melalui internet tanpa harus datang langsung tatap muka dengan Psikolog. Psikolog pun akan sangat berkembang ilmu dan pengalamannya dengan adanya konsultasi dari masalah-masalah yang dialami mereka yang memiliki masalah dan butuh penyelesaian atau saran dari Psikolog.

Menurut saya, internet sangat berpengaruh terhadap dunia Psikologi, karena mereka yang membutuhkan lowongan pekerjaan, mereka yang mempunyai masalah untuk berkomunikasi, mereka yang ingin mengetahui tes-tes psikologi lainnya, akan dipermudahkan untuk berkomunikasi atau mengaksesnya.




Sumber:
http://ragampendidikan.blogspot.com/2013/03/pengertian-internet-menurut-para-ahli.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar